Penyakit Akibat Hubungan Kelamin


Penularan suatu infeksi pada orang lain yang terjadi selama hubungan kelamin (secara anal, oral maupun biasa), disebut penyakit akibat hubungan kelamin. Bila merasa terkena penyakit ini, segera bawalah ke dokter kulit dan kelamin, dimana akan dilakukan perawatan secara rahasia.

Perawatan segera amat penting karena tanpa sadar anda dapat menularkannya ke orang lain. Dan juga perawatan akan lebih sulit bila dilakukan terlambat. Bila terbukti anda mengidap penyakit akibat hubungan kelamin, mungkin anda akan ditanya siapa pasangan anda yang terakhir, sehingga ia pun dapat segera memeriksakan diri, bila perlu. Hindari kegiatan seksual selama masa pengobatan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat ditularkan akibat hubungan kelamin


1.       Gonorrhoea

Masa inkubasi : 2-10 hari.
Gejala : tidak nyaman ketika buang air kecil dan kadang-kadang keluar nanah dari ujung penis.


2.       Syphilis

Masa inkubasi : 9-10 hari
Gejala : Di tahap dini infeksi berat, timbul lepuh yang tidak sakit (chanre) di penis atau sekitar anus, lalu hilang setelah beberapa minggu. Di tahap kedua, timbul bercak yang tidak gatal di seluruh tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki. Lalu diikuti bengkak yang tidak sakit pada kelenjar getah bening serta benjolan mirip kutil yang menular, disekitar anus dan ketiak.


3.       Herpes Genitalis

Masa Inkubasi : 7 hari atau kurang
Gejala : Biasanya timbul rasa gatal pada batang penis, yang diikuti oleh munculnya kumpulan bintik lepuh. Kadang -kadang juga muncul di paha dan pantat. Setelah 24 jam, lepuh itu pecah dan meninggalkan bekas bopeng merah kecil-kecil  yang nyeri dan kadang mengelupas. Kelenjar getah bening di lipat paha akan membesar dan terasa sakit, yang kadang disertai rasa tidak enak badan dan demam. Bisul yang sudah pecah bisa timbul kembali.


4.       Kutu Rambut Kelamin

Gejala : Gatal disekitar kelamin, terutama di malam hari. Kutu tersebut dapat dilihat dengan mata, berwarna coklat sepanjang 1-2 mm.


5.       AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome)

Gejala : Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak dapat melawan infeksi dan beberapa bentuk kanker. Gejalanya meliputi demam yang tak kunjung reda, infeksi pada saluran pernafasan dan pencernaan, cepat lelah, berat badan turun, pembengkakan kelenjar (di leher, belakang telinga, di bawah lengan, di belakang siku dan di pangkal paha), serta bercak-bercak di kulit. Penyakit Ini terutama menyerang pria homoseksual dan juga menular melalui tranfusi darah.


6.       Gangguan Umum Pada Saluran Kemih

Masa Inkubasi : 1-5 minggu
Gejala : terasa sedikit kebas di pangkal penis, kadang hanya terasa disaat buang air kecil pertama kali di pagi hari. Kebas tersebut diikuti dengan keluarnya cairan bening encer, yang lama-kelamaan menjadi pekat dan kental jika tidak diobati.


Keterangan :
Masa Inkubasi : masa antara kontak dengan penyakit sampai timbul gejalanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2009 - Asian Spirits | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top