Pencegahan Pembusukan Gigi


Gigi yang rusak (membusuk dan berlubang) selain mengurangi sisi penampilan (estetika) juga mengakibatkan berkurangnya kenyamanan dan kemampuan gigi dalam menghancurkan makanan. Pembusukan gigi yang sudah menjadi parah dan mencapai syaraf pada gigi maka akan mengakibatkan rasa sakit, memperbesar kemungkinan bagi bakteri dan kuman penyakit masuk ke aliran darah serta meningkatkan resiko kanker. Gigi geligi yang tidak bersih juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi.



Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk mencegah pembusukan gigi:



  • -          Fluoride

Zat fluoride adalah mineral yang sudah terbukti meningkatkan ketahanan gigi terhadap asam, sehingga mengurangi kemungkinan pembusukan gigi. Di banyak Negara fluoride ditambahkan ke dalam air minum. Fluoride juga terdapat dalam pasta gigi, obat kumur (mouthwash) dan dalam bentuk tablet maupun obat cair yang dapat di beli di apotik.



  • -          Menu Makanan

Kandungan gula dalam makanan adalah penyebab utama pembusukan gigi. Mengurangi jumlah, frekuensi dan jenis permen (gula yang lengket lebih jahat disbanding gula yang cair) yang dikonsumsi adalah langkah terpenting dalam mencegah pembusukan gigi..



  • -         Minuman Malam

Khusus untuk anak-anak, jangan bolehkan seorang anak tidur dengan disertai botol berisi larutan gula (sari buah, susu yang ditambahkan gula atau lainnya). Cairan ini akan mengumpul di sekitar gusi dan bisa menimbulkan pembusukan serius. Bila memang perlu memberinya minum botol, berilah air putih.  Atau dot bersih.



  • -          Membersihkan gigi
Tujuan membersihkan gigi adalah membuang kerak bakteri (plak). Tanpa plak ini, tak akan terjadi pembusukan atau penyakit gusi. Jagalah agar gigi selalu disikat dan dibersihkan, setidaknya sekali setiap hari jika anda merasa malas untuk menggosok gigi dua kali dalam sehari. Penggunaan dental floss (benang gigi) juga akan sangat membantu dalam membersihkan plak atau sisa makanan yang ada di sela sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Asian Spirits | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top