Ikan Black Molly

Black Molly (Poecilia Sphenops) adalah salah satu jenis varian warna dari ikan molly yang dibedakan dari warna tubuhnya hitam solid. Ikan black molly adalah ikan live bearer yang berarti ikan ini berkembang biak dengan cara melahirkan.

Ikan ini menjadi favorit bagi para pehobis ikan hias air tawar karena perawatannya yang mudah. Black Molly adalah ikan bergerombol yang aktif dan akan sangat baik jika memelihara ikan ini dalam jumlah minimal 6 ekor ikan dalam satu akuarium dengan komposisi 3-4 ekor betina untuk satu ekor jantan. Ikan Black Molly adalah versi hibrid dari ikan Molly Silver. Ikan Black Molly dapat dijumpai pula dalam bentuk balon (Balloon Molly)

Black Molly Balon ekor cagak (lyretail) betina


Ikan Black Molly sesungguhnya adalah ikan air tawar, tetapi juga sering dijumpai pada perairan payau untuk mencari makan. Biasanya para pehobis menambahkan satu sendok garam laut untuk satu galon air dalam akuarium untuk mengoptimalkan kesehatan ikan ini. Ikan molly akan lebih senang jika akuarium ditambahkan tanaman air dalam jumlah banyak, sebagai tempat bersembunyi bagi anak-anak ikan dan pakan alami dari lumut-lumut yang tumbuh pada dedaunannya.

Di alam liar, ikan molly adalah omnivora dan akan memakan segala jenis makanan ikan yang diberikan dalam akuarium, tetapi makanan utama ikan ini adalah lumut-lumutan sehingga pemberian makanan ikan berbahan dasar daging (protein) akan mengurangi masa hidup dari ikan ini.

Membedakan jenis kelamin ikan ini cukup mudah, ikan jantan memiliki tubuh yang lebih ramping dan memiliki sirip punggung yang lebih lebar serta panjang, sirip perut ikan jantan berbentuk agak meruncing dan panjang, yang digunakan untuk kawin.


Jantan


Ikan betina memuliki bentuk badan yang lebih lebar dan agak bulat dengan sirip punggung pendek. Sirip perut ikan betina berbentuk oval dan dibagian perutnya berwarna keputihan.


Betina


Ikan Black Molly dapat melahirkan dalam jumlah banyak, bahkan ratusan ekor tergantung dari ukuran indukannya. Masa kehamilan adalah 6-8 minggu. ikan ini dapat hamil kembali setelah melahirkan karena kemampuannya untuk menyimpan sel sperma jantan di dalam perutnya. Jika tidak diberi makan dengan baik, ikan ini cenderung untuk memakan anaknya sendiri, oleh sebab itu disarankan untuk memisah anak-anak ikan dari indukannya.



4 komentar:

Unknown mengatakan...

ikan platy kalo di hamilin betina berapa?jantan berapa?


Unknown mengatakan...

Saya kan sukani sama ikan hias yang platy,guppy, sama molly ni.cara bedain jantan & betinanya itu yang jantan lebih cerah ya..dari pada betinanya?


Unknown mengatakan...

Berapa minggu/hari betina melahirkan anaknya?


Unknown mengatakan...

😃😉


Posting Komentar

 
© 2009 - Asian Spirits | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top