Bahaya Merokok


Jika anda perokok, sadarilah tentang pengaruh rokok pada tubuh anda. Rokok tembakau berisi tiga bahan yang kandungannya berbahaya : tar, nikotin dan karbon-monoksida.

·         Tar pada rokok tertimbun sebagai kotoran pekat yang menyumbat dan mengiritasi paru-paru dan sistem pernafasan, menyebabkan penyakit bronchitis (radang paru)kronis dan emphysema (nafas pendek), dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kanker paru-paru. Racun kimia dalam tar juga jmeresap ke dalam aliran darah  dan kemudian dikeluarkan bersamaan dengan urine. Adanya zat tajam seperti itu di kandung kemih dikenal sebagai penyebab timbulnya kanker kandung kemih.

·         Nikotin adalah suatu zat candu yang mempengaruhi sistem syaraf, mempercepat detak jantung dan menambah resiku munculnya penyakit jantung.

·         Karbon-monoksida meresap dalam aliran darah dari rokok tembakau, mengurangi kemampuan sel-sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu karbon-monoksida memudahkan penumpukan zat-zat penyumbat pembuluh nadi yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal serta menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki


  • Merokok dan Kehamilan
Sebaiknya hindari merokok di masa hamil karena nikotin dan karbon-monoksida dalam aliran darah dapat membuat pembuluh darah di plasenta mengecil, sehingga oksigen dan zat-zat makanan yang mencapai janin berkurang. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan janin di dalam perut dan bisa berakibat bayi dilahirkan dengan berat badan kurang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Asian Spirits | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top