Tips Belajar Yang Baik


Dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada pelajaran atau mata kuliah yang melibatkan rumus ataupun angka-angka, tidak sedikit mahasiswa yang merasa “terpuruk” dan menyerah untuk mendengarkan penjelasan dari dosennya. Jangankan untuk diproses oleh otak, mungkin saja perkataan pengajar sudah terpental sebelum masuk ke ke telinga. 



Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat berguna bagi pelajar ataupun mahasiswa dalam menghadapi mata pelajaran atau mata kuliah yang kurang dikuasainya. 



1. Sukai pengajarnya 


Sulit untuk menerima pelajaran jika anda merasa tidak suka dengan pengajarnya. Perasaan antipasti seperti itu hanya akan membuat anda merasa tidak nyaman selama pelajaran berlangsung. 


Lebih baik bicarakan masalah anda dengan pengajar, utarakan dimana sebenarnya masalah anda, sehingga baik anda maupun dosen pengajar dapat menyesuaikan cara mengajar ataupun cara bersikap yang membuat kedua belah pihak merasa nyaman. 



2. Tidur yang cukup 


Belajar melibatkan otak untuk berkonsentrasi dan tetap fokus. Bagaimana bisa menyerap pelajaran jika anda mengantuk di dalam kelas, yang ada anda akan terus “uring-uringan” dan terus menguap selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. 

Dengan tidur dan istirahat yang cukup, otak dapat bekerja untuk menyerap pelajaran dengan lebih optimal. 



3. Matikan handphone 


Handphone adalah pengganggu perhatian yang paling besar bagi pelajar dan mahasiswa pada saat kini. Telepon atau sms yang masuk akan memecah konsentrasi dan membuat anda tidak mendengarkan penjelasan dosen karena sibuk untuk menjawab telepon atau membalas sms. Fitur pengganggu yang konsisten dari handphone adalah layanan sms-nya, karena ketika seseorang sudah menerima sms, maka dia akan terus menerima sms masuk dan juga terus membalasnya. 



4. Dengarkan saja 


Jika pelajaran semakin terasa sulit dan anda merasa kebingungan, fokus saja pada materi yang diberikan. Jangan sekalipun anda berkomentar atau bersuara yang tidak perlu, misalnya seperti “aduh! Pusing gue” atau “gak ngerti ih!!!”, karena hal ini memecah konsentrasi dan mensugestikan bagi otak anda untuk terus berkutat dalam kebingungannya sendiri. Lebih baik anda membaca catatan ataupun materi dari awal, pelan pelan dipahami dan jika ada bagian yang tidak dimengerti, tanyakan kepada dosen saat dia selesai menjelaskan. Jangan bertanya kepada teman di samping anda ketika ia sedang mendengarkan pelajaran, karena anda hanya akan mengganggu konsentrasinya. 



5. Bertanya pada saatnya 


Jika anda ingin bertanya, bertanyalah pada saat yang tepat dan cara yang tepat pula. Jangan sampai anda mengganggu seisi kelas dengan terus bertanya ditengah pelajaran dan menanyakan hal-hal yang mungkin hanya anda seorang saja yang tidak mengerti, terlebih lagi jika bertanya untuk menguji kemampuan pengajar tersebut. 



6. Kerjakan tugas yang diberikan 


Jika anda tidak mengerti akan apa yang diajarkan, akan lebih baik anda mengerjakan apa yang ditugaskan. Sedikit demi sedikit dikerjakan sambil bertanya bagian mana yang anda kurang pahami atau meminta bimbingan teman ataupun dosen. Karena biasanya akan lebih mudah dimengerti ketika anda mengerjakan langsung daripada secara teori. 



7. Buat kelompok belajar 


Ada beberapa orang yang dapat paham akan pelajaran dengan membaca uraian materi seorang diri dengam mengandalkan kemampuan analisanya, dan ada pula orang yang lebih memahami sesuatu dengan saluran bahasa atau verbal. Untuk tipe ini akan lebih bagus jika membentuk kelompok belajar, karena selain dapat saling bertanya, mengoreksi dan memberi masukan, kelompok belajar juga membuat situasi belajar tidak membosankan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Asian Spirits | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top